Thursday, May 31, 2012

Histologi Penis


1.      P E N I S

Pada potongan melintang tampak 3 bangunan jaringan erektil spongiosa.
Terdapat : -  2 buah dorsolateral               : corpora cavernosa penis
                 -   1 midventral                         : corpus cavernosum urethrae
Ke2 corpora cavernosa diliputi oleh tunika albuginea yang merupakan jaringan pengikat fibromuskuler yang tebal yang akan menjorok kedalam sebagai trabekula disebut Septum mediale / septum pectiniformis penis. Septum berkembang lebih baik dibagian basal daripada puncak.
Corpus cavernosum urethrae / corpus spongiosum diliputi tunika albuginea hanya jaringan pengikatnya lebih tipis, didalamnya terdapat urethra pars spongiosa / cavernosa. Ke 3 bangunan cavernosa ini disatukan oleh jaringan pengikat longgar
Fascia ini dibungkus lagi oleh jaringan ikat dermis yang terletak dibawah epidermis. Pada dermis ditemukan banyak pembuluh darah.
Glandula sebacea dapat ditemukan pada bagian ventral penis.

Corpus cavernosum penis:
Dibagian dalam terdapat sejumlah trabekula yang terdiri dari serat   kolagen, serat elastis dan otot polos yang melingkari rongga (lakuna) yang tidak sama besarnya. Makin ketepi makin sempit. Dalam trabekula juga terdapat saraf  dan pembuluh darah. Rongga pada pars cavernosum penis dilapisi oleh endotelium  pembuluh darah arteri  profunda ( deep artery)--- arteri  helicinae ,  lanjutan arteri dorsalis penis.Cabang arteri yang terakhir ini membuka langsung kedalam rongga.
Urethra: 
Dilapisi epitel silindris bertingkat / epitel silindris berlapis.
Dekat orificium  epitel berubah menjadi epitel gepeng berlapis gepeng tidak bertanduk.
Di-tengah2 urethra pars  cavernosa,caverne2 hampir sama besarnya, dapat ditemukan Glandula Littre. Arteri urethralis terdapat dikiri kanan urethra.

No comments:

Post a Comment